https://i.imgur.com/Cg2kMD6.png

Mudik Ke Kampung Halaman Jangan Lupa Oleh Oleh Madiun


99KulinerMakan - Mudik ke Madiun kurang komplit bila tidak membawa oleh-oleh. Terdapat beberapa makanan khas Madiun yang enak, termasuk juga sambal pecelnya. 

Madiun yang masuk lokasi Jawa Timur itu mempunyai sederet kuliner ngangeni. Sebagian kudapannya bahkan juga dapat jadikan oleh-oleh. 

Saat sebelum kembali pada tanah rantau, bawa oleh-oleh enak dari Madiun untuk diberikan ke rekanan tetangga. Tersebut 5 referensinya. 

Mudik Ke Kampung Halaman Jangan Lupa Oleh Oleh Madiun

Baca: Lebaran Mudik Dengan Cobai Kuliner Palembang


Brem 

Brem jadi oleh-oleh yang pertama mesti dibeli. Terkecuali enak serta unik, brem itu yaitu satu diantara ikon kuliner Kota Madiun. Brem terbuat dari sari ketan yang difermentasi, terasa manis asam serta keluarkan sensasi dingin di mulut. 

Brem asal Madiun mempunyai bentuk kotak pipih dengan warna putih sedikit kekuningan. Dulu brem cuma mempunyai rasa original namun saat ini produsen brem telah bikin varian brem mulai rasa strawberry, cokelat, keju serta lain sebagainya. 

 Mudik Ke Kampung Halaman Jangan Lupa Oleh Oleh Madiun

Kerupuk puli 

Di Madiun ada kerupuk khas yang umum dimaksud kerupuk puli atau kerupuk lempeng. Bahan basic untuk bikin kerupuk itu yaitu nasi. 

Kerupuk itu gampang didapati di pusat oleh-oleh. Ada berbentuk mentah ataupun yang telah digoreng.

Mudik Ke Kampung Halaman Jangan Lupa Oleh Oleh Madiun

Madu mongso 

Jajanan khas Madiun yang itu mempunyai rasa manis serta struktur lengket, namanya madu mongso. Bahan baku intinya yaitu ketan hitam yang di proses jadi tape lantas dimasak berbarengan kombinasi gula serta santan. 

Sepintas madu mongso serupa seperti dodol. Madu mongso dikemas cantik dengan bungkus kertas minyak warna-warni. Madu mongso juga senantiasa jadi suguhan khusus waktu hari raya seperti lebaran.

Mudik Ke Kampung Halaman Jangan Lupa Oleh Oleh Madiun

Roti bluder 

Di madiun ada roti tradisional yang mempunyai rasa classic. Kuliner legendaris itu telah ada mulai sejak 1889. Roti bluder cokro punya Nyonya Susana yaitu yang paling populer. 

Roti Belanda yang dikreasikan dengan selera lokal itu mempunyai beragam varian rasa mulai kismis, keju, kacang, abon serta yang lain. Roti itu awet hingga 6 hari jadi dapat jadikan oleh-oleh ataupun bekal sepanjang perjalanan.

Mudik Ke Kampung Halaman Jangan Lupa Oleh Oleh Madiun

Sambal pecel 

Bila ketagihan dengan nikmatnya pecel Madiun, janganlah lupa membawa sambal pecelnya sebagai oleh-oleh. Sambal kacang yang gurih legit itu banyak di jual sebagai oleh-oleh. 

Umumnya sambal pecel itu di jual berbentuk padat, waktu bakal dipakai tinggal imbuhkan air hangat. Sambal itu enak jadikan pelengkap makan, tidak cuma untuk pecel saja. Sambal pecel Madiun enak diguyurkan pada mie goreng atau bahkan juga cocolan gorengan. 

Share:

No comments:

Post a Comment

SENANGPOKER

recent posts

Popular Posts

rajasenangqq

Recent Comments