https://i.imgur.com/Cg2kMD6.png

Kuliner Legendaris Di Salatiga


Berkunjung ke Salatiga kota kecil dari Jawa Tengah yang memiliki tempat kuliner diminati para pengunjung. Begitu banyak penyedia kuliner yang berpencar dengan menyediakan makanan yang menggugah selera. Ada beberapa kuliner diantaranya sudah dibuka puluhan tahun dan termasuk cukup legendaris.

Kuliner  Legendaris Di Salatiga

Sate Kambing Masyhudi

Sate kambing muda Masyhudi terletak di Jalan Fatmawati, Anda akan menjumpai gapura batas kota di arah Semarang. Dibuka sejak tahun 1971 yang dulunya hanya sekedar warung kaki lima. Kini kedai sate kambing muda Mashyudi telah membuka cabang di Kabupaten Semarang. Kedai ini ada menjual menu tongseng, tengkleng dan gulai.

Kuliner  Legendaris Di Salatiga

Soto Esto

Soto yang paling terkenal di Salatiga adalah soto ESTO. Berdiri sejak tahun 1953, nama soto ini diambil dari nama bus ESTO (Eerste Salatigasche Transport Onderneming) yang beroperasi sejak tahun 1921. Warung ini dekat dengan garasi bus ESTO. Soto ini menggunakan santan dan dilengkapi dengan berbagai macam lauk didalam. Sate kerang, sate telur puyuh, tempe dan mentho.

Kuliner  Legendaris Di Salatiga

Pecel Madya

Termasuk makanan legendaris di Salatiga, lokasinya lumayan susah dicari juga. Berada di Gang Madya, Jalan Sukowati. Pecel Madya sudah dibuka sejak tahun 1973, ketika bioskop Madya yang sekarang menjadi Gereja masih berdiri juga. 

Dengan menyediakan menu spesial pecel yang dilengkapi dengan berbagai lauk, mulai dari telur, bakwan, perkedel, babat iso, sate usus, hingga ati ampela. Selain menjual pecel juga ada tersedia nasi soto, opor dan krecek.

Kuliner  Legendaris Di Salatiga

Ronde Sekoteng Jago

Makanan ronde ini patut dicoba, patut menjadi kuliner istimewa di Salatiga. Sebenarnya terdapat banyak penjual ronde di Salatiga, mulai dari penjual ronde pinggir jalan, gerobak keliling hingga kedai. Tetapi untuk kedai Ronde Sekoteng  jago ini yang paling dicari para kuliner, ronde ini berada di lokasi Jalan Jendral Sudirman dan sudah dibuka sejak tahun 1964.

Menu pelengkap di dalam ronde yang menarik perhatian pengunjung dengan menggunakan buah pala, kayu manis, irisan jeruk dalam semangkuk ronde. Selain tersedia ronde, juga ada mie kopyok, batagor, pangsit tenggiri.

Kuliner  Legendaris Di Salatiga

Es Kesambi

Salatiga termasuk kota kecil yang sejuk, untuk menjajal makanan enak di sini Anda wajib mencobai minuman satu ini, namanya Es Kesambi 4. Kedai ini merupakan kedai yang tertua di Salatiga dibuka sejak tahun 1948, terletak di Jalan Kesambi No.4 belakang pertokoan di Jalan Jenderal Sudirman. Ada beberapa kombinasi es yang dapat dipilih dengan menggunakan buah buahan.

Share:

No comments:

Post a Comment

SENANGPOKER

recent posts

Popular Posts

rajasenangqq

Recent Comments