https://i.imgur.com/Cg2kMD6.png

Kuliner Khas Betawi


Walaupun presenter Kuliner Bondan Winarno telah meninggal dunia, tetapi masih menyisakan banyak karya buku kulinernya. Salah satu buku Kulinernya terdapat beberapa penghargaan salah satunya "Best in the World in 2014" dan "Best of the Best in 2015".

Lewat karya bukunya Bondan terdapat beberapa kuliner khas dari Betawi yang direkomendasikannya dan bisa Anda coba langsung menu tersebut.

Kuliner Khas Betawi

Sayur Besan 

Dari namanya sudah bisa diketahui makanan ini mneyiratkan hubungan dengan besanan (dalam Betawi besanan sama  dengan pernikahan). Ciri khas dari sayur terubuk yang teksturnya mirip telur ikan terubuk. Sayur terubuk ini sangat langka dan membuat sayur besan ini sulit ditemui. Jika Anda ingin mencarinya bisa ada di Dapur Betawi di Pondok Cabe, dan tidak setiap hari ada disajikan menu ini.


Kuliner Khas Betawi

Nasi Ulam

Bentuk dari nasi putih yan dicampur dengan serundeng dan bawang merah kemudian ditaburi dengan remukan kacang. Topping yang digunakan seperti mihun goreng, cumi kering, dendeng sapi manis, perkedel dan telur dadar. Kesemua ini akan disatukan dan disiram dengan kuah semur tahu kentang.

Lokasi tempat Nasi Ulam Misjaya berada di depan Klenteng Toa Se Bio, Glodok. Perlu diketahui Nasi Ulam ini tercata ada di sinetron Si Doel Anak Betawi.

Kuliner Khas Betawi

Gabus Pucung

Ikan gabus goreng disiram dengan kuah kental kehitaman dari buah pucung. Dimana kuah gabus ini lebih kental dan kaya akan bumbu. Apa sih buah pucung? Pucung adalah istilah dari Betawi dari Keluak atau Kluwek.

Anda bisa mencari Gabus Pucung di Ddol Nyak Mai Jakagakarsa, Dapur Betawi di Pondok Cabe dan RM H Nasun di Jagakarsa.

Kuliner Khas Betawi

Sayur Babanci

Masakan kuliner satu ini hampir sudah tidak ada di sediakan. Masakan ini diduga dari kata Babah-Enci mengingat dari penampilannya masakan peranakan dari China-Melayu yang disebut dengan Babanci. Sayur Babanci  hanya hadir pada Hari Lebaran orang Betawi tertentu dengan kelas ekonomi tinggi tentunya. Anda bisa mendapatkannya dengan orang Betawi asli Mia Anggraini di Jakarta Timur.

 Kuliner Khas Betawi

Gurame Pecak

Pecak merupakan kata dari Jawa yang berarti pecel atau pecek. Untuk proses memecak (mengulek atau penyet). Ada dua macam Gurame Pecak yang berasal dari Betawi ini yakni dengan sambal kacang dan sambal bening tanpa kacang. Gurame Pecak ini dapat dicari di RM H Nasun di Jagakarsa, warung H Apen di Ragunan dan H Muhayar di Pasar Minggu.

Share:

No comments:

Post a Comment

SENANGPOKER

recent posts

Popular Posts

rajasenangqq

Recent Comments