https://i.imgur.com/Cg2kMD6.png

Kuliner Makanan Khas Solo Jaman Doloe


Kota Solo terkenal dengan destinasi wisatanya dengan berburu batik. Kota yang terkenal juga dengan keratonnya tentunya kita tidak akan ketinggalan dengan wisata kuliner disini.

Berburu kuliner di Pasar  Gede, pasar yang telah lama ada sejak tahun 1930 sehingga menjadi destinasi wisata dengan makanan tradisionalnya berkhas Solo.

Kuliner Makanan Khas Solo Jaman Doloe

Es Dawet Telasih Bu Dermi

Es Dawet ini berisi ketan hitam, tape ketan, jenang sumsum, biji telasih, cairan gula dan santan sebagai tambahannya ada es batu yang akan menyegarkan tenggorokan di saat cuaca panas.

Pemilik Es Dawet ini biasa disapa Bu Utit merupakan generasi ketiga secara turun temurun. Sudah ada sejak tahun 1930-an di Pasar Gede. Semangkuk Es Dawet ini hanya berharga 8 ribu.

Kuliner Makanan Khas Solo Jaman Doloe

Lenjongan

Hidangan khas dari Solo dikenal sejak zaman penjajahan. Lenjpngan ini terdiri beberapa makanan seperti tiwel, ketan hitam, ketan putih, gethuk, sawut, cenil dan klepon. Seporsi Lenjongan dengan harga 4 ribu dan Anda bisa memilih aneka jenisnya untuk dicampurkan menjadi satu.

Kuliner Makanan Khas Solo Jaman Doloe

Brambang Asem

Makanan khas Solo yang sangat jarang sekali ditemui untuk saat ini. Jika mampir ke Solo wajib untuk mencicipi hidangan ini. Kuliner Brambang Asem ini menggunakan daun ubi dicampur dengan sambal asam jawa yang terasa pedas dan manis.

Lauk tambahannya menggunakan tempe gembis dibuat seperti tempe bacem. Tempe gembos ini berbeda dengan tempe biasanya dimana terbuat dari ampas tahu bukan dari kacang kedelai. Lokasi Brambang Asem ini berada di Pasar Gede dan bisa dan bisa juga ditemui di Jageran. Harganya cukup murah dan bersahabat hanya sebesar 4 ribu.

Kuliner Makanan Khas Solo Jaman Doloe

Timlo Sastro

Sekedar info dari masyarakat Solo merekomendasikan makanan yang wajib kami cicipi ada di Timlo Sastro belakanga Pasar Gede. Timlo merupakan makanan sejenis sup bening segar dengan menggunakan jeroan ayam, sosis Solo, suwiran ayam dan pindang. 

Pertama kali makanan ini dikenal oleh masyarakat Solo pada tahun 1952. Hidangan ini dimakan saat sarapan. Gerai ini dibuka setiap hari pada jam 06.30 sampai 15.30 WIB. Semangkuk Timlo dengan menggunakan nasi seharga 25 ribu.

Kuliner Makanan Khas Solo Jaman Doloe

Nasi Liwet Bu Sri

Nasi Liwet Legendaris dari Solo dengan rasa yang tak kalah ketinggalan dengan menu lainnya. Cita rasa dari nasi liwet ini secara turun temurun yang tidak mengecewakan pengunjungnya. Dengan menggunakan daun pisang sebagai penjaga cita rasa dari nasi liwetnya.

Dengan menu tamabahannya areh, suwiran ayam kampung rebus, sayur labu dan telur pindag membuat hidangan ini sangat seimbang dari segi rasanya. Harga sepincuk nasi liwet ini hanya 9 ribu saja, harga yang cukup bersahabat bagi pekerja.

Kuliner Makanan Khas Solo Jaman Doloe

Tahok

Tahok adalah sejenis makanan camilan khas China yang mengenyangkan. Dibuat dari sari kacang kedelai dan disantap dengan air jahe gula. Tahok biasanya lebih dikenal dengan nama tahu kembang. Gerai ini tidak jauh dari tempat nasi liwet Bu Sri. Pemilikny adalah Pak Citro yang buka usaha ini sejak tahun 1968. Satu mangkok Tahok ini hanya berharga 6 ribu.

Share:

No comments:

Post a Comment

SENANGPOKER

recent posts

Popular Posts

rajasenangqq

Recent Comments