https://i.imgur.com/Cg2kMD6.png

Kuliner Makanan Pedas Di Banyuwangi


Banyuwangi terkenal dengan ikon wisatanya di Gunung Ijen. Berbagai wisata yang mempesona bagi para wisatawan lokal maupun mancangeranya. Dari keindahan alamnya ternyata terdapat kuliner enak di Banyuwangi. Terkenal dengan hidangan yang pedas ternyata menjadi kuliner wisata bagi para turis mancangera.

Kuliner Makanan Pedas Di Banyuwangi
Sego Cawuk

Sego Cawuk

Makanan khas Banyuwangi yang menjadi santapan di setiap harinya. Anda dapat mencarinya dengan mudah di hampir seluruh wilayah daerah Banyuwangi. Menu dalam Sego Cawuk terdapat nasi dengan campuran kuah yang dibuat dari parutan kelapa muda, jagung muda yang telah dibakar dan ketimun dibumbui dengan cabai, bawang merah dan bawang putih dengan sedikit asam rasa pedas segar.

Biasanya disantap dengan pelasan atau ikan pepes laut, kikil, dendeng dan telur masak pindang. Harganya cukup terjangkau bagi pekerja menengah sekitar harga 7 ribu sampai 15 ribu.

 Kuliner Makanan Pedas Di Banyuwangi
Jangan Kesrut

Jangan Kesrut

Dengan aroma segar dan pedas yang menggoda hidung, merupakan salah satu kuliner yang pantas kita cobai. Satu porsi Jangan Kesrut dipesan kita akan mendapat paket nasi, sepotong tempe dan garing beserta Kala Gepuk (sejenis makanan khas Banyuwangi juga).

Jarang Kesrut tersedia dua jenis seperti dengan isian daging dan kikil, kuah yang lumayan berwarna merahnya. Dibuat dari bahan yang cukup sederhana seperti cabai besar, cabai rawit, tomat, daun bawang, terasi, garam dan gula.

Untuk makanan satu ini jarang di jumpai di warung warung, dan tentunya menu ini hanya tersedia di Warung Olgha beralamat di jalan DI.Panjaitan 49 Lateng Banyuwangi.


 Kuliner Makanan Pedas Di Banyuwangi

Nasi Tempong

Nasi dengan rasa sambal pedas yang mengigit lidah khas Banyuwangi. Meskipun terkenal dengan rasa pedasnya nasi tempong ini menjadi salah satu kuliner yang banyak di incar saat wisatawan berkunjung ke Banyuwangi. Disajikan saat masih hangat dengan menu lauk gorengan yang serba gurih seperti tempe, tahu, perkedel jagung dan ikan asin.

Biasanya tersedia menu tambahan seperti telur dadar, cumi asin, ayam goreng, ikan laut hingga rempeyek. Sayur rebus seperti labu siam, genjer, bayam, terong dan kemangi melengkapi hidangan ini.

Satu porsi nasi tempong akan sekaligus dapat tiga piring masing masing nasi pulen yang masih berasap, sepiring aneka sayur rebus dan lauk pauk yang lengkap dengan tempe, tahu, perkedel, jagung. Harga lumayan murah dengan kisaran 12 ribu sampai 15 ribu.

Kuliner Makanan Pedas Di Banyuwangi
Rujak Soto

Rujak Soto

Pernah tidak mendengar hidangan satu ini? Rujak atau soto? kuliner umik ini  berasal dari Banyuwangi ada di hidangan perpaduan antara rujak sayur dan soto babat menjadi cita rasa terunik di Banyuwangi.

Hidangan rujak ini dengan campuran sayur sayuran dan bumbu kacang dan petis. Anda bisa menyesuaikan kepedasannya sendiri. Dimana bumbu kacangnya terbuat dari garam, kacang goreng, gula merah, asam, dan pisang klutuk muda. Bumbu yang siap tinggal di campur dengan sayuran yang telah direbus seperti kangkung, kacang panjang, kubis dan potongan tahu dan tempe yang telah digoreng. Seporsi dengan harga 10 ribu.

Kuliner Makanan Pedas Di Banyuwangi
Pecel Rawon

Pecel Rawon

Rasa pedas nasi pecel dicampur dengan gurihnya kuh rawon yang menjadi salah satu hidangan terunik dari Banyuwangi. Satu porsi pecel rawon akan dilengkapi dengan sepiring nasi yang berisi sayuran rebus, bayam, taoge,kacang panjang dan sambal pecel, empal sapi, ragi, paru goreng kering dan remukan rempeyek garing kacang.

Rasa rempah dan kaldu dalam kuah rawon berpadu menjadi satu. Rasa manis yang biasanya ada di dalam kuah rawon tidaklah dominan, tetapi justru rasa ini membuat paduan pecel dan kuah rawon menjadi pas. Harga dari warung warung yang tersedia sekitar 5 ribu hingga 10 ribu.
Share:

No comments:

Post a Comment

SENANGPOKER

recent posts

Popular Posts

rajasenangqq

Recent Comments