https://i.imgur.com/Cg2kMD6.png

Kuliner Ekstrim Dalam Negeri


Kuliner esktrim biasanya selalu kita jelajahi langsung di luar negara Indonesia, tetapi kali ini kita tidak perlu sampai menghabiskan biaya wosata kuliner ke luar negeri. Indonesia sendiri merupakan surga kuliner yang berpencar di berbagai kota mulai dari yang unik sampai yang ekstrim.

Biasanya yang ekstrim seperti makan belalang goreng, kecoa, semut atau lipan lainnya. Kali ini kita akan mencoba merambah tempat eksotis dari tanah air dengan beberapa makanan ekstrim yang belum pernah kita ketahui.

Kuliner Ekstrim Dalam Negeri

Paniki

Hidangan eksotik dari Sulawesi Utara ini adalah kelelawar buah. Dalam bahasa Minahasa kelelawar berarti paniki. Biasanya daging kelelawar ini selalu dipotong dan diolah menjadi sup, atau kari. Banyaknya makanan tak lazim didaerah Minahasa ini seperti daging tikus, kucing, ular piton. Daerah ini terkenal akan kuliner ekstrimnya.

Kuliner Ekstrim Dalam Negeri

Trites Karo

Berkunjung ke tanah karo daerah Sumatera Utara akan disajikan dengan makanan satu ini bernama Trites, makanan ini seperti soto tetapi terbuat dari dedaunan setengan cerna di dalam lambung sapi atau kerbau. Sebagian orang menggangapnya sebagai kotoran sapi, tetapi ada yang mengatakn sebagai makanan yang bergizi karena nutrisinya belum diserap oleh usu hewan. Jadi untuk memasak trites harus mengeluarkan isi lambung sapi dahulu dan diolah bersama daging,kikil dan rempah rempah agar lebih gurih dan sedap disantap.

Kuliner Ekstrim Dalam Negeri

Rintek Wuuk

Warisan kuliner ekstrim di Minahasa cukup diminati oleh warganya sendiri. Rintek Wuuk artinya berarti rambut halus, sesuai dengan tubuh anjing yang dipenuhi oleh rambut halus. Masakan khas Manado ini terbuat dari potongan daging anjing yang dimasak dengan bumbu dan rempah lokal. Daging anjing ini khusus dibiak untuk kebutuhan konsumsi. Bumbu yang digunakan untuk memasak dicampur dengan daging lainnya misalkan daging ayam, bebek.

Kuliner Ekstrim Dalam Negeri

Rujak Blonyo

Di Gresik makanan ektrim ini diambil dari teripang, biasanya warga sekitarnya menyebut binatang blonyo kadang juga disebut ketimun laut, terung laut atau ulat laut. Teripang kecil ini dimakan dalam bentuk mentah bersama bahan rujak kemudian dilumeri dengan bumbu petis yang beraroma khas. Teripang merupakan hewan menjijikkan tetapi kaya akan kolagen dan protein.

Kuliner Ekstrim Dalam Negeri

Darah Ular Kobra

Darah dan empedu ular kobra diyakini bisa meningkatkan stamina dan kejantanan bagi pria dewasa. Dan dipercaya untuk menawarkan racun racun dalam tubuh kita. Darah ini bisa ditemukan dalam restoran yang menyajikan menu ekstrim dari ular, untuk dagingnya bisa diolah menjadi sup atau gorengan.

Kuliner Ekstrim Dalam Negeri

Cindhil

Berkunjung ke Jawa Timur jangan lupa dengan Cindhil atau anak tikus yang baru dilahirkan dengan kondisi kulit masih merah. Cara makannya dengan Nguntal ( ditelan secara mentah ). Cindhil ini dipercaya bisa meningkatkan stamina bagi pria dan dianggap sebagai jamu oleh para pria yang bekerja menggunakan otot. Cara makannya langsung dimasukkan kedalam mulut kemudia ditelan dengan bantuan segelas air putih , jika ingin lebih manjur sebaiknya memakan lebih dari satu ekor.

Kuliner Ekstrim Dalam Negeri

Ulat Sagu

Makanan khas Papua ini berada di suku Kamoro dengan sajian ekstrimnya ulat sagu, ulat ini dati larva kumbang merah kelapa yang bisa ditemui di batang pohon sagu busuk. Ulat putih ini dengan mulut merah mengandung protein tinggi dan kaya akan vitamin. Warga Kamoro menyantap dengan keadaan mentah, bisa juga dengan cara dibakar dan rasanya terasa gurih dan lembut.

Kuliner Ekstrim Dalam Negeri
Sate Biawak

Sate Biawak sering ditemukan di berbagai daerah seperti di Jakarta, Bekasi, Belitung atau Subang. Sate biawak ini kebanyakan dijajakan di pinggiran jala, kebanyakan yang makan adalah wisatawan yang berlibur ke Bandung. Daging hewan melata ini berkhasiat untuk mengobati penyakit dalam, alergi, sesak nafas dan bisa meningkatkan vitalitas tubuh

Kuliner Ekstrim Dalam Negeri

Botok Tawon

Kuliner khas Jawa Timur di bagian daerah Banyuwangi, Lawang atau Caruban. Botok ini terbuat dari tolo, larva rumah tawon (lebah) yang masih utuh. Cara masaknya dengan diberi bumbu rempah dan dibungkus dengan daun pisang.

Kuliner Ekstrim Dalam Negeri

Dendeng tokek

Kabupaten Probolinggo merupakan daerah penghasil komoditas ekspor yang berskala Internasional yaitu tokek. Tokek ini merupakan obat tradisional yang banyak dicari China. Tokek ini diolah menjadi dendeng. Cara olahnya dengan membersihkan bagian perutnya dan ditusuk dengan lidi kemudian dijemur atau dipanggang menjadi kering.
Share:

No comments:

Post a Comment

SENANGPOKER

recent posts

Popular Posts

rajasenangqq

Recent Comments