https://i.imgur.com/Cg2kMD6.png

Sie Kameng Yang Menggugah Selera !


Sie Kameng Yang Menggugah Selera !

Kuliner kali ini kita akan ke dalam negeri sendiri. Khususnya di Banda Aceh ini kita akan mencoba dengan kari kambing yang kabarnya rasanya tidak akan terlupakan dan akan mencoba datang kembali. Namanya Rumah Makan Gulai Kambing Ridha Ilahi di kawasan Simpang Surabaya, Banda Aceh. 

Proses untuk memasak sie kambing ini dimulai sejak pagi 08.00 WIB membutuhkan waktu selama 2 jam untuk proses menjadi gulai kambingnya. Dengan semerbak wangi rempah rempahnya dan empuk daging kambing yang membuat air liur menitik. Para karyawan masing masing mengerjakan pekerjaan sendiri.

Sie Kameng Yang Menggugah Selera !

Proses pemasakkan menggunakan arang dengan api membara,para pekerja membagi tugas, daging kambing pilihan yang sudah disembelih kemudian dipotong kecil kecil setelah itu dilumuri dengan bumbu yang diracik dengan sejumlah bahan dan dimasukkan ke dalam kuali besar. Aroma kari dari kuali yang menggelitik hidung, butuh waktu 2 jam sehingga sie kameng (kari kambing) dapat disantap.

Untuk daging kambingnya, menurut pemiliknya Andrean (36) mereka memilih kambing yang tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu muda sekali. Bumbu yang digunakan untuk memasak kari kambingnya menggunakan bawang merah, cabe rawit, cabe merah, bawang putih, dan lainnya dan tentunya dengan bumbu rahasia sehingga rasanya berbeda dengan kari kambing lainnya.

Sie Kameng Yang Menggugah Selera !

Dalam sehari biasanya mereka bisa menghabiskan enam ekor kambing untuk 1000 porsi, namu sejak pembangunan fly over Simpang Surabaya omzet jadi menrurun dan sehari hanya menggunakan 3 ekor kambing. Bagian kambing yang diambil dalam proses membuat kari adalah seluruh anggota tubuh kecuali kaki.Dalam kuah yang mendidih juga terlihat kepala kambing yang juga dihidangkan untuk pelanggan yang pesan.

Rasa khas dari gulai kambing ini mempunyai ciri khas tersendiri yaitu Khas Ridha Ilahi. Harga yang dibandrol sebesar 30 ribu per porsi dan lain nasi putih 5 ribu. Di samping itu juga tersedia daging kambing bakar yang dipoting kecil kecil saat disajikan. TInggal mencapuri dengan kecap dan disantap bersama kari kambing.

Yukss... Untuk para pecinta kuliner gulai kambing bisa singgah di Rumah Makan Gulai Kambing Ridha Ilahi sambil berleha untuk melanjutkan destinasi berikut untuk mencari kuliner lainnya di kawasan Banda Aceh.
Share:

No comments:

Post a Comment

SENANGPOKER

recent posts

Popular Posts

rajasenangqq

Recent Comments

Blog Archive